Translate

Monday 20 August 2012

CLIMBING PLANTS

Climbing plants


Tanaman yang merambat di dinding (Climbing Trees)



Image
Jika memiliki halaman terbuka dan dibatasi dengan tembok atau dinding yang tinggi disekitarnya, serasa halaman menjadi tampak gersang sehingga mengurangi keasrian pada halaman kita. Kesan kaku dan dingin pun semakin tampak jelas. Jelas ini memerlukan sebuah solusi untuk mengatasinya.
Apalagi ketika mempunyai lahan sempit di belakang atau disamping rumah, wah tampak sekali jauh dari keasrian.

DINDING TEMBOK yang kosong, walaupun sempit kadang sering membawa dilema. Jika dibiarkan polos-polos saja bisa membuat mata tak sehat karena silau, apalagi dengan warna dinding yang putih sehingga memantulkan sinar matahari dan terkesan panas dan gersang. Jangan khawatir masih banyak solusi untuk mengatasinya. Salah satu solusi dilahan yang sempit dan untuk menghilangkan kesan kaku dan dingin pada dinding atau tembok adalah tanamlah tanaman rambat. Nah selain bisa sebagai peneduh apabila di pasang pada pergola, tanaman rambat juga bisa difungsikan sebagai tanaman penutup dinding. Untuk itu jangan khawatir walaupun mempunyai lahan sempit dibelakang dan samping rumah kita masih bias memanfaatkan untuk membuat taman pada dinding dan nuansa hijau tetap dapat di hadirkan pada kebun dengan lahan terbatas.

Umumnya yang sering kita lihat tanaman yang dipakai untuk menutup dinding adalah memakai tanaman rambat yang tidak berbunga. Sebenarnya banyak sekali tanaman rambat berbunga yang dapat dipilih untuk menghiasinya sebagai tanaman penutup dinding. Keindahan tanaman rambat baik yang tidak berbunga maupun yang berbunga ada pada kerimbunannya, bentuk daunnya, serta warna dan rupa- rupa bunganya. Tanaman rambat biasanya memang dipakai untuk dinding pekarangan atau pergola dan pagar, tetapi untuk halaman yang tak terlalu luas, tanaman merambat bisa juga ditanam dalam pot. Ada juga yang menjadi berbeda jika tanaman rambat yang dipakai adalah dari jenis tanaman sayur atau buah-buahan. Selain menjadikan asri rumah kita tapi masih mempunyai manfaat lain yaitu kita dapat memakai hasilnya untuk dikonsumsi ketika sayuran dan buah-buahan merambat itu sudah berbuah dan telah masa panen.

CARA MENGHIAS DINDING DENGAN TANAMAN
Jika lokasi dinding atau tembok mendapat sinar matahari cukup atau penuh sepanjang hari. Maka dapat dipercantik dengan tanaman rambat penuh bunga atau sayuran rambat bahkan buah-buah dengan desain sarana rambat sesuai selera berupa teralis yang ditanam pad a dinding. Tanpa perlu menutup seluruh bidang tembok, tetapi satu dua buah teralis besi lebar 40 cm dan tinggi 1.20 m sudah cukup membikin pesona pada dinding. Gantungkan teralis besi sebagai sarana rambat dengan rongga ± 10 cm dari permukaan tembok agar tanaman leluasa menelusup ked an dari belakang. Tanaman itu sendiri akan tampil lebih cantik bila ditempatkan dalam bak khusus, permukaan tanahnya pun dapat ditutup dengan jenis tanaman lain. Bidang-bidang tanaman rambat ini kalau perlu dapat diulang hingga berderet panjang sesuai dengan lebar dinding.

MACAM MACAM TANAMAN RAMBAT BERBUNGA

1. Ipomea quamoclit
Tanaman ini memiliki bunga yang kecil-kecil. Jika dirambatkan maka bunganyanya tak terlalu terlihat.

2. Morning glory
Tanaman ini cepat tumbuh subur disertai bunga kecil-kecil biru keunguan. Rajin berbunga di udara panas. Batangnya kecil dan lentur dan merupakan versi mungil dari ipomea. Mudah melilit maka dengan waktu ± 2 minggu besi teralis dapat segera tertutup rapat dengan tanaman.

3. Clematis
Tanaman yang tergolong slow growing ini tumbuh optimal jika banyak mendapat sinar matahari. Warna bunga putih dan kecil-kecil bergerombol, harum ketika mekar. Berbatang kecil juga lentur. Rajinlah memotong tangkai bunga yang habis masa mekarnya, maka bunga
baru akan terus bermunculan.

4. Thunbergia putih dan ungu

Tanaman ini tumbuh dengan cepat. Bunga yang indah berwarna ungu atau putih menjadi daya tarik utamanya. Pertumbuhan bunganya menjuntai kebawah. Bunga tunbergia mekar pada pagi hari dan mulai menguncup menjelang sore.Daun berbetuk hati dengan warna hijau gelap. Daunnya lebat dapat segera menghijaukan taman hanya beberapa bulan setelah ditanam Jika kondisi lingkungan sesuai, tunbergia bisa tumbuh hingga sepanjang 8m.Tanaman rambat ini memerlukan cahaya matahari penuh agar rajin berbunga.

5. Mandevilla kuning
Kelebihan tanaman ini berbunga sepanjang waktu. Bunganya seperti terompet berwarna putih, pink, atau merah, menumpuk seperti mawar. Batang Mandevilla tumbuh menjuntai dan merambat, karena batangnya lemas. Disaat hujan maupun panas tanaman ini tetap berbunga. Mandevilla sangat menyukai udara panas yang membuat bunganya mudah bermunculan.

MACAM MACAM TANAMAN RAMBAT TIDAK BERBUNGA
Image
1. Syngonium
Pilihan tepat bila lokasi taman teduh dan agak lembap. Ragam bentuk corak dan warna daunnya cukup bervariasi. Bila dibiarkan tanpa penyangga, tanaman ini dapat melata di tanah. Memiliki akar yang muncul dari ruas-ruas batang. Syngonium adalah tanaman yang pada dasarnya merambat ke atas. Maka teralis besi pada dinding sebaiknya diberi celah 3-5 cm saja supaya akar-akar tanaman bebas menyentuh dinding tembok. Dan teralis berfungsi sebagai pembatas pertumbuhannya.

2. Stephanot Unggu dan Jingga
Agak beda dengan stephanot warna putih dan ungu. Pertumbuhan batang, cabang dan daunnya bias pesat diudara sejuk pegunungan. Kerompolan bunganya tidak membulat, tapi memanjan. Namun bila tidak rajin memangkasnya, kerimbunan tanaman ini akan menghalangi keunikan pergola. Jadi sebaiknya tanam stephanot jingga dalam pot agar pertumbuhannya terkendali.

3. Dolar kecil & besar
Sebaiknya dibuat merambat pada dinding yang permukaannya kasar agar akar dapat menempel kuat. Dan sebaiknya jangan dirambatkan pada dinding yang sudah dipoles cat.

MACAM SAYURAN DAN BUAH-BUAHAN
Image
1. Kacang panjang
Tanaman ini merupakan tanaman semak, menjalar dan semusim dengan tinggi kurang lebih 2,5 m. Batang tanaman ini tegak, silindris, lunak, berwarna hijau dengan permukaan licin.

2. Manisa
Tumbuhan ini merambat dan biasa dibudidayakan di pekarangan, biasanya di dekat kolam. Buah menggantung dari tangkai. Daunnya berbentuk mirip segi tiga dan permukaannya berbulu.

3. Pare
Pare tergolong tanaman semak, menjalar dan semusim. Biasanya ditanam di lahan pekarangan/tegalan/sawah bekas padi sebagai tanaman sela pada musim kemarau. Buah terasa pahit namun mengandung banyak manfaat.

4. Timun
Type pertumbuhan tanaman merambat . Warna buah hijau. Rasanya renyah dan manis. Pecabangan produktif banyak berbuah lebat. Umur panen 30-35 hst. Cocok ditanam di dataran rendah - menengah

5. Waluh panjang
Waluh panjang. Type pertumbuhan tanaman merambat, berbatang besar dan berdaun lebar. Diameter buah 15-17 cm dan panjang 70-80 cm. Produktif dan dapat dipanen umur ± 65 hst. Cocok di dataran rendah-tinggi.

6. Anggur
Tanaman buah ini juga merambat, mempunyai akar kuat dan batang lentur mudah melilit. Tanaman buah ini sangat menyukai udara panas dan memerlukan cahaya matahari penuh sepanjang hari.
(http://www.tabloidhunianku.com)



WATER CREEM 
( Tanaman Rambat Dinding )

  
1.     1. General
      Water Creem merupakan salah satu tanaman yang sifatnya merambat, tanaman ini berdaun kecil dan mempunyai akar yang kuat menempel di tembok atau bahan yang ada di bawahnya. Tanaman ini biasanya banyak digunakan orang sebagai pelapis tembok yang belum dihaluskan, sehingga tembok terkesan alami dan cerah dipandang mata ( hijau ). Tanaman yang satu ini banyak ditemukan diperumahan – perumahan karena dilihat dari segi manfaatnya yang tidak sedikit.

2.     2. Perawatan
     Water creem bukanlah kategori tanaman yang susah untuk ditanam, begitu juga dengan perawatannya. Untuk tahap awal, usahakan tanam bagian bawahnya dengan baik dan kaklau Anda ingin merambatkan tanaman ini di tembok, maka ujung tanaman ( bagian atas ) tanaman water creem harus ditempelkan di tembok sampai keluar akar dari batang tengah sehingga tanaman bisa /kuat unutk menempel di tembok. Aga tanaman ini merata usahakan sering memangkas bagian ujung tanaman agar tumbuh beberapa cabang tunas baru yang nantinya akan tumbuh merata sambil kita arahkan ke arah yang kita inginkan. Adapun mengenai penyiraman kondisikan layaknya tanaman biasa, dan untuk pemupukan agar tanaman ini cepat tumbuh cukup gunakan pupuk kandang. 

3      3.Manfaat
Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari tanaman water creem, antara lain 
  • Umumnya di perumahan tanaman ini biasa dipakai sebagai penutup tembok yang belum diratakan, sehingga terkesan tembok alami dan dapat sebagai sumber oksigen yang berasal dari daun – daun water creem yang padat dan saling bergerombol.
  • Dapat digunakan sebagai hiasan dinding halaman rumah baik depan maupun belakang, karena tanaman ini dapat dibentuk – bentuk sesuai dengan keinginan kita ( bisa berbentuk huruf / gambar ).
  •  Sebagai Sumber Oksigen dari Daun – daunnya yang padat.
  • Sebagai penguat tembok, karena akar – akarnya yang masuk ke tembok sehingga tembok menjadi kuat dan tidak ambrol.
  
Bibit Water Creem dalam Polybag





















Bibit Water Creem






Bibit Water Creem 1 Bulan

Bibit Water Creem Siap Tanam





























Untaian Tanaman Merambat Penyegar Rumah
Rumahurban.com: Percantik pagar atau pergola Anda dengan tanaman rambat dengan bunga-bunga cantik. Selain daun hijau serta bunganya yang indah, tanaman ini sangat suka panas, sehingga tak sulit ditanam di negara kita yang kaya akan sinar matahari ini.

Pilih tanaman rambat yang cantik agar pagar, pergola, atau tiang gazebo rumah Anda tampil lebih atraktif. Selain sebagai penghias, tanaman rambat memberi aksentuasi khas pada taman. Jenisnya pun amat beragam.

Tanaman rambat dikategorikan atas dua jenis, yakni benalu dan tanaman yang ditanam. Benalu adalah sejenis tanaman liar yang tumbuh di pohon-pohon dan mengambil makanan dari “induknya”. Selain di pohon dapat juga ditemukan menempel di dinding. Misalnya daun dolar, yaitu daun yang biasa merambat di dinding seukuran jempol tangan, jempol kaki, atau bola pingpong.

Bila ingin “menghias” atau agar dinding luar lebih “empuk” dengan cara yang sederhana tanpa perawatan ekstra, dapat menggunakan benalu. Caranya gampang dan sederhana. Cukup dengan meletakkan tanah di bawah dinding setinggi 10 sentimeter atau polybag di pinggir dinding, serta memakukan tiga paku ukuran sekitar satu inci ke dinding yang disusun berjarak sebagai penyangganya. Perawatannya sangat sederhana. Hanya menjaga agar rambatannya tidak menutupi area yang tidak dikehendaki.

Terlepas dari kemudahan merawatnya, tanaman rambat jenis benalu sering memberikan pengaruh buruk pada dinding. Bila kualitas dinding tidak bagus, akan membuat dinding lapuk dan cepat rusak. Selain juga dinding jadi kotor, cat terkelupas karena daunnya yang memiliki akar.

Sementara itu, jenis yang lain adalah tanaman yang ditanam. Yang seperti ini dapat ditanami bougenvill, alamanda yang memiliki bunga aneka warna, tanaman anggur, dan teh-tehan. Untuk jenis-jenis ini lebih cocok disandingkan dengan pagar, pergola, dan gazebo.

Namun berbeda dengan benalu, tanaman rambat yang ditanam ini perlu perawatan khusus, termasuk pemberian pupuk dan perhatian ekstra lainnya.

Tak Lekang Waktu

Jenis tanaman rambat yang tak lekang oleh waktu adalah Bunga Terompet (Mandevilla sanderi), Thunbergia (Thunbergia grandifloa), Alamanda (Allmanda cathartica), Nona Makan Sirih (Clerodendrum Thomsoniae), Sirih Gading, dan Malaithong.

Khusus untuk Mandevilla, permintaan pasarnya semakin banyak. Tanaman rambat asal Florida, Amerika Serikat ini berwarna putih, merah jambu, atau merah. Ada yang berdaun tumpuk, ada pula yang tidak. Tanaman ini unik, karena tidak pernah berhenti berbunga. Bisa bertahan sampai 3-4 tahun, tidak seperti tanaman semusim yang enam bulan tumbuh, kemudian mati. Selain merambat, Mandevilla juga bisa menjuntai karena batangnya lemas. Bahkan ditanam begitu saja pun akan tumbuh. Tak keran jika Mandevilla punya daya tarik sendiri.

Mandevilla sangat menyukai panas, yang membuat bunganya gampang bermunculan. "Agar mendapatkan bunga yang cantik tentu saja harus memperhatikan perawatannya. Seperti pemberian pupuk, penyemprotan hama penyakit dengan pestisida. Media yang dipakai adalah cocopit (serbuk kelapa) dan sekam bakar," jelas Ricky Hadimulya, pemilik Hara Nursery. Akan sangat baik jika ditanam di pot. Biasanya kalau di tanah banyak cacing yang bisa merusak tanah dan membuat akar jadi busuk.

Agar merambatnya lebih bagus, pot dan media harus diganti dengan yang lebih besar. "Awalnya, sih, banyak yang bilang susah mengurus tanaman ini karena cepat mati. Padahal, gampang, kok, merawatnya," imbuh Ricky meyakinkan. (nova, global/RU)


Gambar Tanaman Hias | Jenis Tanaman Hias Merambat

Untuk seri 1 tanaman merambat saya tampilkan tanaman hias sebagai tanaman pagar dan tanaman pergola sbb : jenis-jenis  bunga  thunbergia,  passiflora,  clematis,  ipomoea, lathyrus, mandevilla dan bignonia.
Gambar Jenis Jenis Tanaman Hias Merambat
Gambar Jenis Jenis Tanaman Hias Merambat
gambar-jenis-bunga-mandevilla-sanderi
Gambar Jenis Bunga Mandevilla Sanderi
Gambar / photo diatas adalah jenis2 tanaman hias Mandevilla sanderi atauDipladenia sanderi,  dan dikenal juga dgn nama Brazilian jasmine.   Mandevilla Sanderi umumnya berwarna merah orange.  Jenis mandevilla yang lain  punya berbagai warna lain spt pink, merah tua , peach yaitu dari :Mandevilla boliviensis,  Mandevilla dodsonii,  Mandevilla equatorialis, Mandevilla jamesonii seperti yang terlihat pada photo berikut
Gambar jenis tanaman Thunbergia
gambar-jenis- jenis tanaman bunga-Mandevilla, spp
Gambar Jenis2 Bunga Passiflora / Passion Fruit / Markisa
Gambar Jenis2 Bunga Passiflora / Passion Fruit / Markisa
Tanaman passiflora ini ada banyak  jenis seperti tampak pada foto di atas.  Tanaman keluarga passion fruit atau buah markisa ini paling baik digunakan untuk menghias pagar dan pergola karena gampang tumbuh, berbunga kontinyu dan punya variasi warna dan bentuk yang beragam.
gambar-jenis-bunga-ipomoea tricolor
gambar-jenis-bunga-ipomoea tricolor
Bunga keluarga Ipomoea (sekeluarga dengan tanaman ubi jalar dan kangkung) dengan bentuk bunga terompet yang biasanya terbuka dipagi hari dan menguncup di sore hari.  JUga bagus untuk pergola dengan bunga yg lebat dan kontinyu, perawatan yg gampang, jenis bunga dan warna yang macam macam
Gambar jenis-jenis bunga merambat :clematis
Gambar jenis-jenis bunga merambat :clematis
Nah ini bunga merambat favorite saya.  Warna dan bentuk beragam, cantik digunakan untuk merambat di pagar, pergola, trellis.  Bisa juga dikombinasikan dengan tanaman mawar merambat (lihat photo di atas bagian bawah no 2 dari kiri).  Jenis clematis antara lain : clematis alpina,clematis armandii (yaela namanya si armand lagi mandi kali yak hehehehe), clematis jackmanii, clematis niobe, dll
Gambar jenis bunga merambat : Bignonia
Gambar jenis bunga merambat : Bignonia
Bignonia juga cocok untuk mempercantik pagar dan pergola, warnanya yang orange, kuning dan merah cerah sangat cantik untuk dikombinasikan denagn tanaman cemara hias (dibiarkan menjalar di pohon cemara).  Kami di Perancis menyebutnya Terompette de Jericho.
Jenis jenis bunga Lathyrus
Jenis jenis bunga Lathyrus
Bunga Lathyrus atau sweet peas ini banyak jenis dan warna dan jenis yang bunganya harum yaitu : Lathyrus odorata.  Merupakan tanaman semusim, banyak menghiasi pagar rumah saya.  Walau tanaman semusim tapi biji yang dibiarkan jatuh ke tanah membuat tanaman ini selalu tumbuh dan berbunga kembali di musim semi.
Gambar Jenis2 bunga Thunbergia
Gambar Jenis2 bunga Thunbergia
Photo tanaman merambat di atas adalah tanaman Thunbergia.  Jenis dan warnanya juga banyak, al : Thunbergia grandiflora (bunga biru) Thunbergia grandiflora alba  (bunga putih), Thunbergia Alata (bunga kuning), Thunbergia gregorii (bunga orange) dan Thunbergia mysorensis  (bunga kuning merah)
OK cukup segitu dulu, ntar saya sambung lagi di seri ke 2.

Gambar Bunga Tanaman Hias Merambat seri 2

Koleksi tanaman hias merambat yg akan mempercantik pergola, trelis  dan pagar anda : Flame of irian, Clerodendrum, Wisteria, Petrea volubilis, Jade Vine,Pyrostegia venusta dan Antigonon leptopus.  Ke 7 jenis tanaman ini saya kelompokkan dalam satu artikel karena jenis bunganya yg berkelompok dengan tangkai yg menjurai.  Berbunga sangat banyak, perawatanpun gak susah.    Pilihan warna bunga beragam : merah atau orange menyala, hijau, pink, putih, maupun ungu.  Silakan dipilih dipilih :d
1.  Flame of Irian ( Mucuna novo-guineensis  / Mucuna novaeguinensis)
Tanaman Bunga Flame of Irian
Bunga Flame of Irian-Mucuna novo-guineensis - New Guinea Creeper
Yg saya tau nama yg dikenal secara international adalah Flame of The Forest atau New Guinea Creeper atau Red Jade Vine.  Mucuna novo-guineensis atau synonimnya Mucuna kraetkei Warb atau Mucuna lenticellosa K. Schum. adalah jenis genus Mucuna yg berasalah dari papua (irian jaya dan papua new guinea) sedangkan yg berasal dari amerika selatan di sebut Mucuna bennettii
2.  Jade Vine ( Strongylodon macrobotrys )
Jade Vine - Strongylodon macrobotrys
Jade Vine - Strongylodon macrobotrys
Jade Vine mempunyai bentuk bunga yg sama dengan flame of irian tapi berwarna hijau jade, asalnya dari Philipina.
3.  Wisteria / Glycine (Wisteria Sinensis)
Tanaman Hias Wisteria - Glycine - Blauregen - Blauweregen
Tanaman Hias Wisteria - Glycine - Blauregen - Blauweregen
Wisteria mengeluarkan bunga di awal musim semi, sekitar bulan april sampai mei.  Saat pertama hanya bunga yg keluar dari cabang2, tanpa daun sekalipun, hanya bunga yg menggantung dengan ceria membuat pergolaku sangat semarak.  nah sekitar seminggu atau 10 hari kemudian baru mulai muncul daun muda.  Wisteria dengan 2 pilihan warna : ungu dan putih (wisteria alba)
4.Petrea  volubilis
Tanaman Bunga Merambat Petrea-volubilis
Tanaman Bunga Merambat Petrea-volubilis
Petrea bunganya mirip mirip wisteria.  Petrea volubilis atau Petrea kahautiana, asalanya dari mexico dan amerika tengah
5. Coral Vine (Antigonon leptopus )
Tanaman Bunga Merambat Antigonon leptopus
Tanaman Bunga Merambat Antigonon leptopus
Antigonon juga asalnya dari Mexico dan negara amerika tengah.  Pilihan yg tepat untuk membuat nuansa romantis pink di pagar dan pergola anda
6.Glorybower / bagflower / bleeding-heart - Clerodendrum thomsoniae & speciosum
Tanaman Merambat Clerodendrum : thomsoniae & speciosum
Tanaman Merambat Clerodendrum : thomsoniae & speciosum
Pilih tanaman ini bila anda ingin suasana teduh dan damai dari warna bunganya yg putih.  Ada banyak jenis Clerodendrum, tapi akan saya bahas di artikel lain.
7. Jalaran api (Pyrostegia venusta )

Jalaran Api - Pyrostegia venusta
Jalaran Api - Pyrostegia venusta
Rangkaian bunga kompak dengan warna jingga yang menohok bagaikan sambaran api, sangat cocok untuk membuat pagar atau pergola anda tampil beda.  Perawatan mudah.
Pyrostegia venustamasuk dalam kelompokBignoniaceae yg sudah saya bahas di artikel tanaman merambat sebelumnya.

No comments:

Post a Comment